Sunday, March 22, 2009


Tata Nano, mobil keluaran Tata Motors dengan prestasi sebagai mobil termurah di dunia ini (harga di India sekitar USD 2.500 ~ 23 jutaan rupiah) dikabarkan detik.com sudah siap masuk ke Indonesia! Hal ini terkait keinginan Tata Motors untuk masuk ke pasar kendaraan pribadi Indonesia, mengikuti jejak para pendahulunya; Bajaj dan TVS.

Tata Nano dijanjikan akan dirakit menggunakan bahan berkualitas plus teknologi mesin maju, walaupun harganya sangat murah. Kemunculan mobil spektakuler ini di India dianggap merupakan jawaban terhadap kebutuhan kendaraan pribadi bagi keluarga kecil golongan menengah kebawah. Dari segi rancangan, kendaraan berukuran compact ini muat menampung empat orang, dengan kelengkapan mesin standar, namun tingkat kenyamanan yang minimal. Misalnya, untuk versi standar maka tidak ada AC dan interior furnishing juga secukupnya saja. Selain dari versi standar, ada juga versi ber-AC dan versi mesin diesel (dalam pengembangan).

Body Tata Nano seluruhnya terbuat dari Alumunium. Memiliki mesin dua silinder Value Motronic dari Bosch (623 cc), 33 PS, multi poin injeksi BBM, dengan konsumsi bahan bakar konon hingga 20 km/l, irit sekali! Tidak dilengkapi power steering, rpm meter, hanya speedometer, fuel gauge, dan oil light. Selain itu Tata Nano diklaim juga memiliki kadar emisi sangat renah, sesuai standar Euro IV, bahkan lebih rendah dibandingkan kadar emisi gas buang dari kendaraan roda dua konvensional!

Tata Nano sangat cocok untuk mereka yang "berbuntut" (beranak) banyak, tapi selama ini baru mampu membeli motor. Di satu sisi berguna untuk mengurangi tingkat kematian kecelakaan bermotor di jalan raya, tapi di sisi lain jika para pengguna motor memilih beralih ke Tata Nano, maka bisa dijamin jalanan ibukota akan semakin ramai. Bukan solusi yang ideal bagi masalah transportasi ibukota, tapi solusi yang lebih aman bagi keluarga kecil dengan kebutuhan sarana angkutan pribadi untuk 4 orang. Ketika kendaraan pribadi termurah di Indonesia saat ini memasang harga sekitar 75 juta rupiah (Cherry-QQ), maka Tata Nano bisa jadi pilihan yang lebih menarik lagi. Berminat?

Tata Motors sendiri baru-baru ini membuat gebrakan lain di dunia otomotif, dengan berencana mengakuisisi lisensi pembuatan dua merk mobil mewah kelas atas; Jaguar dan Land Rover.

No comments:

Post a Comment